Instalasi Hemodialisa

Square-tailed kite White-tailed kite White-tailed kite White-tailed kite

Instalasi Hemodialisa RS. Advent Bandar Lampung

Hemodialisa adalah terapi cuci darah di luar tubuh untuk seseorang yang ginjalnya tidak bekerja secara normal. Didukung kerjasama tim yang beranggotakan dokter spesialis penyakit dalam, dokter nefrologi, dokter umum yang bersertifikasi HD, serta perawat yang terampil, mahir dan bersertifikat. Layanan Hemodialisa RS ADVENT mampu memberikan kenyamanan dan keamanan untuk pasien selama menjalani terapi ini di rumah sakit.

Ginjal yang sehat membersihkan darah Anda. Ginjal juga membentuk zat-zat yang menjaga tubuh untuk tetap sehat. Hemodialisa menggantikan beberapa manfaat dari ginjal ketika ginjal sudah tidak lagi bekerja. Hemodialisa dibutuhkan ketika ginjal tidak lagi dapat bekerja dengan baik sehingga tubuh memiliki zat-zat yang seharusnya sudah dibuang dari darah atau cairan tubuh. Kondisi ini biasanya membuat pasien mengalami gejala seperti mual, muntah-muntah, pembengkakan, hingga lemah dan lesu. Namun, gejala tersebut tidak selalu muncul.

Bagaimana Cara Kerja Hemodialisa?

Mesin berperan sebagai ginjal artifisial (ginjal buatan) yang digunakan untuk membersihkan darah. Untuk melakukan hemodialisa, dokter perlu membuat akses atau jalan masuk ke pembuluh darah pasien, biasanya pada bagian tangan. Di dalam mesin ini terdapat bagian-bagian yang bertugas menyaring darah pasien.

Hemodialisa dapat menyingkirkan zat-zat kotor / limbah, garam, serta air berlebih yang berada di darah pasien. Selain itu, beberapa zat-zat kimia dalam tubuh juga dijaga keseimbangannya dan menjaga tekanan darah.

Terapi ini bisa dilakukan tiga hingga empat kali satu minggu. Banyaknya terapi ini dibutuhkan oleh pasien tergantung pada seberapa baik ginjal Anda bekerja, seberapa banyak cairan yang Anda dapatkan di antara tiap terapi, seberapa berat badan Anda, seberapa banyak zat kotor berada di darah Anda, serta tipe alat hemodialisa yang digunakan. Dokter akan memberikan pasien penjelasan tentang berapa banyak cuci darah yang perlu pasien lakukan dalam satu minggu.

Apakah Hemodialisa Membutuhkan Pola Makan Khusus?

Pasien yang sedang melakukan terapi dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi protein. Pasien diabetes atau kondisi kesehatan lainnya akan memiliki pola makan yang lebih ketat. Untuk pasien dengan kondisi kesehatan khusus, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kami.

Tim yang menangani pasien dalam proses terapi, akan menjaga dan memantau terapi dengan berbagai pemeriksaan untuk memastikan kelancaran.

Hemodialisa dengan HFR HemodiaFiltration with endogenous Reinfusion

Cuci Darah dengan Alat Canggih di RS.ADVENT

Hemodialisa dengan HFR Revolution merupakan alat canggih menggunakan teknik konveksi, difusi dan absorbs dengan mesin cuci darah khusus untuk penderita gagal ginjal. Mengurangi gatal - gatal serta warna kulit menjadi kehitaman dan mengurangi risiko komplikasi. Tindakan hemodialisa dengan HFR Revolution dapat dikombinasi dengan alat Hemodialisa Standar yang disesuaikan dengan jadwal tindakan hemodialisa.


Indikasi pasien menggunakan HFR Revolution adalah pasien dengan kondisi :

  1. Malnutrisi (gizi buruk)
  2. Arterosclerosis (pengapuran pembuluh darah)
  3. Inflamasi / sepsis (peradangan)
  4. Komplikasi (diabetes mellitus, jantung)

Apa Keuntungan Cuci Darah dengan HFR?


  1. Mengurangi risiko peradangan pada pasien cuci darah
  2. Meningkatkan hemoglobin (zat besi)
  3. Tidak banyak membuang protein sehingga baik untuk pasien malnutrisi
  4. Sangat cocok untuk penanganan pasien gagal ginjal yang disebabkan oleh keracunan obat atau zat lain
  5. Mengurangi gatal, gangguan jantung dan warna kulit kehitaman pada pasien gagal ginjal secara signifikan
  6. Mengurangi komplikasi intradialisis seperti tekanan darah rendah, kram, dan mual

Daftar Online

Gunakan fitur daftar online untuk memudahkan registrasi kunjungan pasien

Info Dokter

Temukan dokter beserta jadwal lengkapnya disini

Kami Melayani, TUHAN Menyembuhkan.

Menjadi Rumah Sakit Yang Memenuhi Rencana Tuhan dan Pilihan Pertama Di Kota Bandar Lampung